Prasasti Fir'aun ditemukan di Arab saudi

 
BloggerMu.com - Pejabat Saudi pada hari Ahad lalu mengumumkan penemuan pertama di negara Saudi berupa artefak yang berasal darri budaya Firaun - sebuah prasasti berusia 3.100 tahun dengan membawa tanda tangan Raja Ramses III.

"Prasasti itu ditemukan di dekat kota oasis Saudi barat laut Tayma, sekitar 200 kilometer (120 mil) tenggara Tabuk," kata wakil presiden bidang Purbakala dan Museum Saudi, Ali Ibrahim Al-Ghabban kepada wartawan hari Ahad lalu.

"Prasasti yang ditemukan itu berada di atas batu dan membawa tanda tangan Ramses III,salah satu raja yang memerintah Mesir kuno dari 1192 SM sampai 1160 SM," kata Ghabban mengatakan dalam sebuah pernyataan - meskipun ada sedikit perbedaan tanggal dari sumber-sumber arkeologi yang berbeda.

Prasasti digali empat bulan yang lalu di dekat Tayma, daerah yang telah memberikan banyak penemuan arkeologi pra-Islam dari budaya-budaya regional.

Sebuah rute perdagangan kuno menghubungkan Lembah Nil ke oasis, kata Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Purbakala mengatakan dalam pernyataan di situsnya.

Kafilah perdagangan Mesir jaman dahulu membawa barang mewah, seperti kemenyan, emas perak, dan tembaga, dari Taima, yang merupakan salah satu situs terbesar arkeologi di kerajaan Saudi, katanya.

"Rute menghubungkan Lembah Nil, Port Qulzum, kota Suez, dan kemudian pergi melalui laut ke Srabit dekat pelabuhan Abu Zenima di Teluk Suez, di mana para arkeolog menemukan sebuah kuil yang didedikasikan untuk Raja Ramses III, kemudian menyeberangi Semenanjung Sinai, di mana mereka juga menemukan beberapa prasasti yang sama dengan yang ditemukan di Tayma, "jelas Al-Ghabban.

Rute melewati Aqaba, Yordania, di mana prasasti serupa telah ditemukan, Arab News melaporkan.

Tayma disebutkan dalam teks-teks kuno Asiria bertanggal dari abad ke-8 SM, dan Alkitab Ibrani.

Raja Babilonia Nabonidus menghabiskan 10 tahun di Tayma, di mana ia membangun kompleks kerajaannya. Monumen saat ini sedang dalam penggalian dan bagian dari teks kerajaan namanya ditemukan di lokasi itu tahun lalu. (Sumber: EraMuslim)
Bagikan

0 comments:

Posting Komentar

Sedikit Komentar Anda, sangat berarti untuk memajukan blog ini.. terimakasih sobat